Selasa, 03 Februari 2009

Life Of Pi




Judul Buku : Life of Pi ( Kisah Pi )
Penulis : Yann Martel
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Kategori : Roman dan Drama
Jumlah Halaman : 448 Halaman
Ukuran Buku : 13 x 21 cm




Life of Pi ( kisah pi )

Mungkin terkesan buku ini sangat terlalu lama untuk di resensi tetapi menurut saya buku ini sampai sekarang masih rame dan berkesan di hati pembaca.tapi memang ceritanya itu sangat menarik untuk kita baca.

Jadi buku ini berceritakan tentang seorang anak lelaki berusia 16 tahun yang berasal dai India bernama Pi Patel yang ayahnya itu seorang pemilik kebun binatang di Poidicheryy. Mereka adalah keluarga yang termasuk golongan mampu,sekuler dan modern.Secara tradisional mereka menganut agama Hindu, tapi dalam praktiknya orangtua Pi tidak peduli dengan agama.Sebaliknya Pi ini sangat tertarik dengan agama.dan pada suatu hari,ketika sedang berlibur ,dia melihat ada tiga bukit yang pada masing-masing puncaknya terdapat beberapa simbol keagamaan seperti bangunan kuil,gereja,dan mesjid dari situlah dia muali belajar tentang agama Kristen dan Islam ( kalau tentang Hindu dia sudah tahu sejak kecil ) dan akhirnya dia menjadi pemeluk agama dari ketiga agama itu sekaligus. Kelak keyakinannya akan tuhan sangat membantunya dalam mengatasi kesulitan yang dihadapinya.

Berhubung pada masa itu sedang bergejolak yakni pada masa-masa Indira Gandhi.Tepat pada tanggal 21 Juni 1977 ayah pi memutuskan untuk memindahkan keluarganya ke Canada.Mereka berlayar menggunakan kapal barang Tsimtsum mereka berlayar dari Madras menuju Canada.selain membawa anggota keluarga mereka juga membawa para binatang-binatang.Pada tanggal 2 Juli di tengah perjalanan kapal itu tenggelam di Samudra Pasifik dan yang selamat hanya Pi,seekor zebra,seekor hyena,seekor orang utan dan seekor harimau Royal Bengal seberat 225 kg.Pie baru berusia 167 tahun tetapi selama lebih dari tujuh bulan terombang-ambing di tengah hamparan lautan samudra pasifik.
Disinilah kegigihan dan keyakinan Pi diuji.Pengetahuan tentang binatang sangat membantunya dalam mengatasi binatang buas yang ada dalam sekoci itu.Dan keyakinanya akan Tuhan benar-benar bisa membantu dia untuk mengatasi penderitaanya.

Selama terkatung-katung di laut,banyak yang bisa dipelajari Pi ,Instingnya untuk bertahan hidup mulai berkembang. Dia juga sempat menemukan pulau yang sangat aneh yang secara botani tidak masuk akal.Pulau itu bernama pulau karnivora yang kalau malam melahap habis makhluk hidup yang menginjakkan kakinya di daratannya.
Satu referensi buat yang hobi baca cerita – cerita petulangan kisah Pi ini sangat cocok karena di dalamnya banyak kejadian yang bisa mengganbarkan Sesuatu hal yang aneh tapi bisa nyata juga.dan buku ini mempunyai kisah yang luar biasa,penuh keajaiban dan pasti kisah ini juga bisa berdampak positif bagi kita karena kisah ini akan membuat orang percaya dengan adanya Tuhan.








Tidak ada komentar: